Sebelum membuat Visi dan Misi perusahaan Anda, lakukan hal ini terlebih dulu

Visi dan misi berisi sekumpulan impian, cita-cita, dan nilai-nilai yang menjadi dasar atau awal mula suatu hal. Pentingkah visi dan misi tersebut? Tentu saja sangat penting. Bahkan visi dan misi tidak hanya dibutuhkan dalam suatu organisasi, perusahaan atau lembaga, diri kita pribadi memerlukan visi dan misi untuk mengarahkan dan mencapai sebuah tujuan. Hal tersebut menunjukkan bahwa visi dan misi adalah komponen yang sangat penting dan berkaitan erat dengan hal-hal yang ingin diraih.

Sumber gambar: Google

Membuat visi dan misi terkadang sangat sulit bagi kebanyakan orang, padahal untuk sebuah perusahaan atau organisasi, ketika tidak memiliki visi dan misi akan sulit untuk berjalan dan berkembang. Hal tersebut dapat terjadi karena dalam perusahaan atau organisasi, visi dan misi secara tidak langsung berisi strategi-strategi yang dijalankan guna mencapai tujuan perusahaan atau organisasi. Ketika perusahaan atau organisasi tidak memiliki visi dan misi, maka akan berjalan tanpa terarah. Jadi hal apa saja nih yang perlu diperhatikan sebelum membuat visi dan misi? Mari kita simak bersama-sama uraian dibawah ini.

Sumber gambar: Google

Hal pertama yang perlu kita lakukan adalah menentukan tujuan perusahaan atau organisasi. Tujuan perusahaan atau organisasi akan menjadi landasan atau titik awal kemana perusahaan akan diarahkan. Tujuan sebuah perusahaan atau organisasi didapat dari pemikiran yang matang dari pendiri perusahaan maupun dengan melakukan rapat dengan para direksi.

Sumber gambar: Google

Kedua adalah menentukan nilai-nilai perusahaan. Visi dan Misi yang akan dibuat harus sesuai dengan nilai-nilai perusahaan atau organisasi. Nilai-nilai yang diterapkan juga berfungsi sebagai landasan kemana perusahaan akan diarahkan dan strategi apa yang sesuai dan dapat digunakan dalam menjalankan sebuah perusahaan atau organisasi dengan berdasarkan nilai-nilai itu sendiri.

Sumber gambar: Google

Ketiga adalah menentukan jangkauan perusahaan atau organisasi. Jangkauan perusahaan haruslah yang terukur. Jangkauan perusahaan juga berkaitan dengan visi dan misi perusahaan. Misalnya perusahaan Anda akan membuat produk apa, diperuntukkan untuk siapa saja, dan didistribusikan kemana saja. Jangkauan perusahaan akan membuat visi dan misi perusahaan atau organisasi Anda menjadi lebih spesifik.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of