Cara mempertahankan orang-orang kepercayaan Anda

Menjalankan sebuah perusahaan ataupun organisasi, tentu saja Anda tidak dapat menjalankannya seorang diri. Anda memerlukan orang kepercayaan, atau yang biasa sering disebut sebagai tangan kanan. Memiliki orang-orang yang dapat Anda andalkan tentu akan sangat membantu dalam pekerjaan Anda, ketika Anda sedang banyak urusan yang lain atau dalam kondisi kesehatan yang kurang baik, orang kepercayaan Anda dapat diberikan tanggung jawab atau kepercayan dalam menghandle segala hal. Lalu bagaimana nih caranya agar dapat mempertahankan orang-orang kepercayaan Anda?

Sumber gambar: Google

Cara yang pertama adalah saling menjaga kepercayaan baik dari pemberi kepercayaan atau kepada yang mendapatkan kepercayaan. Sebagai pemberi kepercayaan, Anda harus bijaksana dalam memberikan tanggung jawab, dalam memberikan tugas, ketika tanggung jawab tersebut belum sesuai dengan kapasitas orang kepercayaan Anda, jangan langsung dilepaskan begitu saja. Anda bisa mengajari dan mengevaluasi kinerja orang kepercayaan Anda, dengan begitu orang kepercayaan Anda akan dapat terus semangat dalam berproses tanpa merasa diberikan tanggung jawab diluar kemampuannya. Hal tersebut juga dapat menjadi sarana supaya terjalin kedekatan sehingga menumbuhkan rasa saling percaya satu sama lain.

Sumber gambar: Google

Cara yang kedua adalah menciptakan komunikasi yang harmonis. Tentu Anda sering sekali membaca bahwa komunikasi adalah komponen yang sangat penting dalam menjalin hubungan dengan orang lain. Komunikasi yang harmonis akan menguatkan hubungan dengan orang lain. Meskipun dengan orang kepercayaan, dengan orang-orang yang sudah lama dikenal, komunikasi tetap harus selalu dibangun, hal-hal yang menurut kita tidak penting pun, apabila menyangkut orang lain, alangkah baiknya di komunikasikan.

Sumber gambar: Google

Cara yang ketiga adalah memberikan apresiasi. Memberikan apresiasi bukan harus dengan hadiah-hadiah mahal atau dengan memberikan uang dengan jumlah besar. Apresiasi sendiri adalah bentuk ketulusan, bentuk menghargai Anda kepada orang lain ketika melakukan hal yang luar biasa, ketika bertanggung jawab dan menyelesaikan tugasnya dengan baik, ketika orang-orang Anda memberikan dampak yang baik bagi perusahaan. Bahkan ketika Anda memuji atau berterimakasih, orang-orang Anda akan semakin bersemangat dan percaya diri dengan pekerjaan serta kemampuan mereka.

Sumber gambar: Google

Cara yang keempat adalah memberikan ruang kreasi. Meskipun Anda mempunyai orang kepercayaan, bukan berarti semua pekerjaan dikerjakan oleh orang kepercayaan Anda, bukan berarti orang kepercayaan harus selalu berada disisi Anda. Anda juga harus memahami bahwa manusia membutuhkan privasi, membutuhkan waktu untuk “me time” waktu untuk istirahat, membutuhkan waktu untuk explore diri  dan lain-lain.

Sumber gambar: Google

Cara yang terakhir adalah meluangkan waktu untuk sharing, dengan sharing kedekatan dan kepercayaan dengan seseorang akan terbangun. Anda akan semakin mengenal dan memahami satu sama lain. Sharing tidak harus ketika berada dalam kantor atau dalam ruang lingkup pekerjaan, sharing dapat diluangkan di luar jam kantor dengan obrolan-obrolan santai yang tidak harus berhubungan dengan pekerjaan.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments